Rabu, 17 Januari 2018

Biografi Singkat Dari Bapak Presiden Joko Widodo

Biografi Singkat Dari Bapak Presiden Joko Widodo


Biologindonesia241 - Jokowi yaitu tokoh pemimpin terpuji Walikota Solo serta bertindak memperomosikan Mobil ESEMKA. Ir. Joko Widodo (Jokowi) yaitu walikota Kota Surakarta (Solo) untuk 2 x masa bhakti 2005-2015. Wakil walikotanya yaitu F. X. Hadi Rudyatmo. Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Agama Jokowi yaitu Islam. Pada 2012 Jokowi memenangi Pilkada DKI Jakarta serta diputuskan sebagi Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak yakin dengan kemampuan Jokowi serta wakilnya Ahok untuk melakukan perbaikan kota Jakarta yang semerawut.

Jokowi mencapai titel insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada th. 1985. Saat mencalonkan diri jadi walikota Solo, banyak yang menyangsikan kekuatan pria yang berprofesi jadi pedagang furniture rumah serta taman ini ; bahkan juga sampai waktu ia dipilih. Tetapi satu tahun sesudah ia memimpin, banyak dobrakan progresif dikerjakan olehnya. Ia banyak ambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang seringkali ia kunjungi dalam rencana perjalanan bisnisnya.

Dibawah kepemimpinannya, Solo alami perubahan yang cepat. Branding untuk kota Solo dikerjakan dengan menyepakati moto “Solo : The Spirit of Java“. Langkah yang dikerjakannya cukup progresif untuk ukuran kota-kota di Jawa : ia dapat merelokasi pedagang barang sisa di Taman Banjarsari nyaris tanpa ada gejolak untuk merevitalisasi peranan lahan hijau terbuka, berikan prasyarat pada investor untuk ingin pikirkan kebutuhan umum, lakukan komunikasi segera teratur serta terbuka (ditayangkan oleh tv lokal) dengan orang-orang. Taman Balekambang, yang terlantar sejak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Jokowi juga tidak enggan menolak investor yg tidak sepakat dengan prinsip kepemimpinannya. Jadi tindak lanjut branding ia memajukan Surakarta untuk jadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia serta di terima pada th. 2006. Langkahnya berlanjut dengan kesuksesan Surakarta jadi tuan-rumah Konferensi organisasi itu pada bln. Oktober 2008 ini. Pada th. 2007 Surakarta juga sudah jadi tuan-rumah Festival Musik Dunia (FMD) yang diselenggarakan di kompleks Benteng Vastenburg yang terancam digusur untuk jadikan pusat usaha serta perbelanjaan. FMD pada th. 2008 diadakan di komplek Istana Mangkunegaran.

Karena prestasi itu, Jokowi dipilih jadi satu diantara “10 Tokoh 2008” oleh Majalah Tempo.


Asal Nama Julukan Jokowi 

“Jokowi itu pemberian nama dari buyer saya dari Prancis, ” demikian kata Wali Kota Solo, Joko Widodo, waktu di tanya dari tempat mana keluar nama Jokowi. Kata dia, demikian banyak nama dengan nama depan Joko yang jadi exportir furniture kayu. Konsumen dari luar bingung untuk membedakan, Joko yang ini apa Joko yang itu. Maka dari itu, dia selalu dinamakan spesial, ‘Jokowi’. Panggilan itu lalu menempel hingga saat ini. Di kartu nama yang dia beri tertulis, Jokowi, Wali Kota Solo. Terakhir dia mengecek, di Solo yang namanya persis Joko Widodo ada 16 orang.

Sekarang ini, Jokowi menjabat untuk periode ke-2. Kemenangan mutlak didapat waktu penentuan wali kota th. kemarin. Nama Jokowi saat ini bukan sekedar popular, tapi kepribadiannya juga disenangi orang-orang. Paling tidak, saat pergi ke pasar-pasar, beberapa pedagang beramai-ramai menyebutnya, atau sekurang-kurangnya berbisik pada seorang sampingnya, “Eh.. itu Pak Joko. ”

Bagaimana ceritanya hingga dia dapat disayangi orang-orang Solo? Kebijakan apa sajakah yang sudah buat rakyatnya suka? Kenapa juga dia mesti memijak pegawainya? Tersebut wawancara wartawan Republika, Ditto Pappilanda, dengan Jokowi dalam kebersamaannya selama 1/2 hari di seputaran Solo.


Sikap apa yang Anda bawa dalam menggerakkan karir jadi birokrat?
Pada prinsipnya, saya cuma bekerja untuk rakyat. Cuma itu, sederhana. Saya tidak berfikir beberapa macam, wong tidak dapat apa-apa. Ingin dinilai tidak baik, silahkan, ingin dinilai baik, ya silahkan. Saya kan tugasnya cuma bekerja. Tidak ada tekad beberapa macam. Tidak miliki tujuan apa-apa. Bekerja. Demikian saja.

Bener, saya tidak muluk-muluk serta sesungguhnya yang kita lakukan juga kebanyakan orang dapat ngerjain. Cuma, ingin tidak. Miliki kemauan tidak. Itu saja. Tidak usah tinggi-tinggi. Sederhana sekali.

Contoh, lima th. waktu lalu, service KTP kita di kecamatan semrawut. KTP dapat dua minggu, dapat tiga minggu usai. Tak ada saat yang pasti. Tergantung pada yang memohon, satu minggu dapat, dua minggu dapat. Tapi, dengan melakukan perbaikan system, apapun juga akan dapat beralih. Mempersiapkan system, lalu melakukan system itu, serta bila ada yang tidak ingin melakukan system, ya, saya injak.

Awalannya reaksi internal bagaimana?
Ya umum, resistensi satu tahun dimuka, tapi kemudian, ya, umum saja. Semua bila telah umum, ya semua suka. Ya, kita tahu itu problem kue, nyatanya ya dapat juga dikerjakan.

Untuk merubah system sistem KTP itu, tiga lurah saya copot, satu camat saya copot. Waktu itu, saat rapat dibarengi 51 lurah, ada tiga lurah yang terlihat tidak kemauan. Tidak mungkin saja satu jam, pak, paling tiga hari, kata mereka. Besoknya lurah itu tidak menjabat. Bila saya, gitu saja. Rapat lima camat sekali lagi, ada satu camat, susah pak, karna mesti entri data. Wah ini sama, lah. Ya, telah.

Kenyataannya, sesudah mereka hilang, systemnya dapat jalan. Semua kecamatan saat ini telah seperti bank. Tak ada sekali lagi sekat pada orang-orang serta pegawai, terbuka semuanya. Satu jam juga telah jadi. Rupiah yang perlu dibayar sesuai sama perda, Rp 5. 000.

Anda juga miliki pengalaman menarik dalam perlakuan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang lalu banyak jadi referensi?
Iya. Saat ini banyak beberapa daerah kesini, ingin merubah mindset. Oh nyatanya perlakuan (PKL) dapat tanpa ada berantem. Memanglah tidak gampang. Pengalaman kami saat itu yaitu mengubahkan PKL di Kecamatan Banjarsari yang telah jadikan tempat jualan bahkan rumah sepanjang lebih dari 20 th.. Lokasi itu sebenarnya lokasi elite, tapi karna jadi tempat dagang sekalian rumah, yang tampak yaitu kekumuhan.

Lima th. waktu lalu, mereka saya undang makan disini (ruangan rapat rumah dinas wali kota). Saya ajak makan siang, saya ajak makan malam. Saya ajak bicara. Hingga 54 kali, saya ajak makan siang, makan malam, begini. Tujuh bln. begini. Pada akhirnya, mereka ingin geser. Tidak usah di-gebukin.

Biodata Joko Widodo 

Nama : Joko Widodo
Tempat Tanggal Lahir : Surakarta, 21 Juni 1961
Agama : Islam
Pekerjaan : Pengusaha
Agama : Islam
Profil Facebook : jokowi
Account twitter : jokowi_do2
E-mail : jokowi@indo. net. id
Alamat Kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 2 Telp. 644644, 642020, Psw 400, Fax. 646303
Alamat Rumah Dinas : Rumah Dinas Loji Gandrung Jl. Slamet Riyadi No. 261 Telp. 712004
HP : 0817441111
Pendidikan :

SDN 111 Tirtoyoso Solo
SMPN 1 Solo
SMAN 6 Solo
Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta lulusan 1985
Karier :

Pendiri Koperasi Pengembangan Industri Kecil Solo (1990)
Ketua Bagian Pertambangan & Daya Kamar Dagang serta Industri Surakarta (1992-1996)
Ketua Asosiasi Permebelan serta Industri Kerajinan Indonesia Surakarta (2002-2007)
Penghargaan :

Joko Widodo dipilih jadi satu diantara “10 Tokoh 2008”
Jadi walikota paling baik th. 2009
Pak Joko Widodo jg mencapai penghargaan Bung Hatta Award, atas kepemimpinan serta kemampuan beliau sepanjang membuat serta memimpin kota Solo.
Kampus Sebelas Maret Surakarta (UNS) Award
Diluar itu, karena kepemimpinan beliau (serta pastinya semuanya pihak yg menolong), kota Solo jg banyak mencapai penghargaan, di antaranya

Kota Pro-Investasi dari Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah
Kota Layak Anak dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan
Wahana Nugraha dari Departemen Perhubungan
Sanitasi serta Pengaturan Permukiman Kumuh dari Departemen Pekerjaan Umum
Kota dengan Tata Ruangan Paling baik ke-2 di Indonesia

Jokowi yang mencalonkan diri jadi Gubernur DKI Jakarta pada akhirnya memenangi Pilkada DKI Jakarta dengan lewat sistem pemilu 2 putaran. Pada 15 Oktober 2012, Jokowi dilantik jadi Gunernur DKI Jakarta. Selamat atas terpilihnya beliau serta mudah-mudahan amanah dapat digerakkan dengan baik untuk kesejahteraan juta-an rakyat Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar